SEJARAH/LATAR BELAKANG/DASAR PEMBENTUKAN OKKP-D

  • Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) Jawa Barat pertama kali dibentuk melalui Keputusan Gubemur Jawa Barat Nomor 501/Kep.236-BKPD/2010 tentang Penunjukan Badan Ketahanan Pangan Daerah sebagai pelaksana Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah, tanggal 26 Januari 2010.
  • Dengan adanya perubahan SOTK Badan Ketahanan Pangan Daerah digabung menjadi Dinas Ketahanan Pangan dan Petemakan Provinsi Jawa Barat, untuk meningkatkan kelembagaan OKKP-D dibentuk UPTD Balai OKKP-D berdasarkan Peraturan Gubemur Jawa Barat No.89 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi UPTD/Balai di Lingkungan Pemerintah Proyinst Jawa Barat. Dengan adanya peraturan Gubemur tersebut UPTD Balai OKKP-D bertindak selaku OKKP-D Provinsi Jawa Barat.
  • UPTD Balai OKKP-D Provinsi Jawa Barat dibentuk dalam rangka pengawasan mutu dan keamanan produk pangan segar asal tumbuhan, dan diharapkan dapat membangun sistem penyediaan pangan yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi.
  • UPTD Balar OKKP-D Provinsi Jawa Barat memiliki tugas pokok dan fungsi melaksanakan sebagian tugas dinas dalam rangka penyusunan dan pelaksanaan kebijakan teknis dibidang Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Segar Hasil Pertanian dan Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan yang dihasilkan oleh pelaku usaha di Jawa Barat berupa Ketatausahaan dan pelayanan masyarakat.
  • UPTD Balai OKKP-D Provinsi Jawa Barat memiliki ruang lingkup pelayanan sertifikasi Prima 3 dan Prima 2 untuk produk pertanian pangan segar, pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dan registrasi packing house/rumah kemas. Pelayanan dimaksud dilakukan sebagai upaya menjamin mutu hasil pertanian dan melindungi masyarakat dan peredaran pangan segar hasil pertanian yang tidak memenuhi persyaratan keamanan pangan.
  • Surat Menteri Pertanian No 04/SR.220C/M/I/2004 Tanggal 9 Januari 2008 perihal penunjukan Instansi yang benwenang Otoritas Kompeten Keamanan Pangan dalam Penanganan keamanan Buah dan sayuran.
  • Sebelumnya UPTD Balai OKKP-D Provinsi Jawa Barat, telah dibentuk Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) Jawa Barat berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 501/Kep.236 – BKPD/2010 Tahun 2010 tanggal 26 Januari 2010 tentang Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D), pada Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat.
  • Telah mendapat Sertifikat Verifikasi oleh OKKP-Pusat dengan Sertifikat Verifikasi Nomor: OKKP – LSP – 101 tanggal 30 November 2010.
  • Sertifikat Re-Verifikasi Nomor OKKP – LSP – 101 tanggal 08 Juni 2015
  • Setelah terbentuknya UPTD Balai OKKP-D, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan menetapkan struktur manaiemen OKKP-D Provinsi Jawa Barat sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat No. 061/Kep.186-0KKPD/2017 tentang Penetapan Struktur Manajemen OKKP-D Provinsi )awa Barat Tahun 2017